Monday, September 15, 2014

Tips Ampuh Berhenti Merokok, 100% Manjur

Merokok adalah kebiasaan yang sering kita jumpai baik pria maupun wanita. Kebiasaan merokok sangan susah dihindari dan diberhentikan bagi pecandu rokok. Padahal kita tahu seberapa berbahayanya rokok bukan hanya pada kesehatan tubuh kita, tetapi bisa mengurangi pendapatan ekonomi kita.

Keinginan kuat untuk berhenti merokok adalah jalan utama keberhasilan agar kita terhindar dari kebiasaan merokok. Tetapi telah banyak orang mencoba berhenti merokok, selalu saja gagal.

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya agar berhenti merokok. Bagi anda yang susah berhenti merokok, adakalanya mencoba cara yang akan saya bahas. Karena mencoba adalah langkah awal menggapai harapan yang diharapkan.

Berikut beberapa cara agar berhenti merokok, dan lakukanlah cara ini secara perturut-turut, sebagai berikut:

1. Kesadaran
Pertama kita harus sadar, sadar bahwa kita ingin berhenti merokok, sadar akan bahayanya merokok, sadar akan dampak yang dihasilkan dari merokok. Kesadaran bahwa ingin berhenti merokok adalah senjata ampuh memulai langkah untuk berhenti merokok. Kesadaran ingin berhenti merokok harus dipertahankan dan diperkuat untuk memulai hal yang baru.

2. Memberikan Alasan Yang Kuat
Anda harus memiliki pondasi yang kokoh dengan memberikan alasan dalam diri kita untuk berhenti merokok. Dengan cara ini, kita telah memotivasi dan memicu kita agar berhanti merokok. Ada banyak alasan agar kita berhenti merokok, seperti karena kesehata, keluarga ataupun anjuran orang tua. Selain itu, buatlah daftar akan dampak yang dihasilkan apabila kita merokok dan daftar apabila kita tidak merokok, dan bayangkan dampak tersebut apabila kita merokok dan apabila kita tidak merokok, cara ini agar kita memiliki alasan yang kuat agar tidak tergoda oleh teman ataupun diri kita sendiri.

3. Putuskan
Setelah anda sadar ingin berhenti merokok dan memiliki alasan untuk berhenti merokok, maka putuskan dan pastikan dengan niat yang sungguh-sungguh bahwa anda ingin berhenti merokok. Dengan anda menetapkan keputusan, maka pikiran anda akan membantu anda mencapai keputusan yang anda buat tersebut.

4. Kurangi Dengan Perlahan
Apabila anda ingin berhenti merokok, janganlah anda sesekali langsung berhenti merokok secara tiba-tiba, karena cara tersebut mungkin hanya bisa membuat anda berhenti beberapa hari atau beberapa minggu saja, dan apabila anda tiba-tiba ingin merokok kembali, maka anda malah lebih banyak lagi merokok, yang dulunya sebungkus perhari, bisa-bisa menjadi dua bungkus atau lebih per harinya. Apabila anda ingin berhenti merokok, lakukanlah secara perlahan, seperti mengurangi jumlah rokok yang anda hisap setiap harinya. Seperti apabila sebungkus sehari, maka setiap harinya anda menguranginya dengan komitmen yang anda terapkan seperti sehari berkurang satu batang rokok.

5. Penghematan
Apabila cara diatas berhasil, cobalah beralih ke rokok yang lebih murah dan kurang nikmat menurut anda dengan catatan rokok tersebut setiap harinya juga dikurangi porsinya. Selain cara ini melatih pola kebiasaan baru untuk berhenti merokok, anda juga secara otomatis mengurangi pengeluaran untuk rokok. Kebiasaan merokok berkurang, pengeluaranpun ikut berkurang.

6. Mengganti Nikotin
Dalam proses pengurangan rokok setiap harinya, dapat kita lakukan dengan mulai mengganti rokok anda secara perlahan dengan permen, tujuannya agar pada saat rasa asam akibat keinginan untuk merokok pada saat setelah makan atau bangun tidur perlahan berkurang karena menggantinya dengan permen.

7. Fokus Pada Apa Yang Anda Inginkan
Fokuslah pada apa alasan anda ingin berhenti merokok, bukan pada keinginan anda untuk berhenti merokok. Sebagai contoh, apabila anda fokus ingin berhenti merokok, maka pikiran kita akan merespon tentang rokok, secara otomatis, pikiran kita akan mememorikan tentang rokok, seperti pada saat anda merokok, cita rasa rokok dan hal-hal yang berbaur dengan kebiasaan anda merokok. Bukannya berhenti merokok, malah kembali terjerumus untuk merokok kembali. Apabila anda Fokus pad alasan anda berhenti merokok, seperti keinginan hidup sehat, maka pikitan kita akan berpikir tentang hidup yang sehat.

8. Jangan Mencobai Diri Sendiri
Bila anda sedang bersama teman-teman anda yang perokok, setidaknya hindarilah tawaran teman anda untuk merokok. Ingatlah kembali apa alasan anda untuk berhenti merokok, kuatkan fokus anda dengan alasan anda untuk berhenti merokok dan untuk hidup sehat. jangan sesekali anda mencobai diri anda sendiri dengan berpikiran bahwa hanya sebatang rokok aja tidak akan mengembaikan anda kepada pola kebiasaan anda merokok.

9. Rayakan Keberhasilan Kecil
Setelah anda berhasil mengurangi jumlah rokok yang anda hisap setiap harinya, berilah penghargaan pada diri anda sendiri seperti pujian. Dan rayakanlah dengan memberi hadiah seperti memakan makanan kesukaan anda, atau pergi menonton ke bioskop kerika anda bisa mencapai targer tertentu yang anda berikan kepada diri anda sendiri. Cara ini akan memberikan kesuksesan atas keinginan anda untuk berhenti merokok.

Ditulis Oleh : Raymond Samson Purba // 6:46:00 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Pengunjung

Powered by Blogger.